MENANAMKAN NILAI KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN

 

Pendidikan merupakan faktor utama kemajuan suatu bangsa. Tanah air Indonesia memang luas terbentang dari sabang sampai merauke. Namun masih banyak kita jumpai banyak anak-anak Indonesia yang kurang atau bahkan tidak memiliki kesempatang untuk mengenyam dunia pendidikan., Selain itu pendidikan di Indonesia juga masih memiliki mutu yang rendah sehingga output yang di hasilkan juga rendah. Hal ini dapat di sebabkan karena beberapa faktor seperti :

  • Kurangnya pemerataan pendidikan di Indonesia

Banyak daerah-daerah di Indonesia terutama daerah tertinggal yang tidak terjamah oleh pendidikan, yang mungkin disebabkan oleh beberapa faktor seperti mahalnya biaya pendidikan, rendahnya sarana fisik.

  • Rendahnya kualitas guru

Sebagaimana bahasa yang saya kutip dari Anis Baswedan bahwa keberhasilan dan kegagalan dari pendidikan itu tergantung pada guru. Di Indonesia masih banyak guru yang kurang berkompeten dan mengingat semakin merosotnya moral bangsa, banyak guru yang kurang mengimplementasikan pendidikan karakter untuk anak. Sehingga banyak di jumpai di beberapa sekolah banyak anak yang malas untuk belajar, tawuran antar sekolah, dan memiliki etika serta moral yang rendah.

Menurut saya pendidikan karakter sangat penting untuk membentuk karakter kepribadian yang berakhlak dan berilmu. Melalui pendidikan karakter ini dapat membentuk individu yang cinta terhadap tanah air, sehingga dapat mencegah dari adanya gerakan pemisahan diri dari NKRI (gerakan separatis) dan juga dapat menghasilkan output yang mampu berpikir kritis, rasional dan objektik untuk mewujudkan bangsa yang maju.

Mengingat dari kondisi pendidikan di Indonesia, harapannya bahwa pendidikan Indonesia :

  • Merata ke seluruh pelosok negeri
  • Meningkatkan kualitas guru dengan cara memberikan pelatihan pada guru dan meningkatkan kesejahteraan pada guru
  • Menerapkan pendidikan karakter pada setiap sekolah untuk menghindari kemerosotan moral dan untuk menanamkan rasa cinta tanah air sehingga terhindar dari masalah masalah politik (korupsi,gerakan separatis).

 

Melihat betapa kompleksnya masalah pendidikan Indonesia, hal-hal yang dapat kita berikan :

  • Mendorong anak untuk semangat belajar, untuk berani bermimpi serta meraihnya sehingga tidak hanya menggantungkan mimpinya saja. Dengan adanya dorongan tersebut di harapkan dapat menghilangkan rasa malas.
  • Memperkenalkan Indonesia

Di harapkan anak dapat mengenal bangsanya sendiri sehingga muncul rasa cinta tanah air. Karena menurut saya apabila seseorang sudah mengenal identitas bangsanya sendiri dan sudah memiliki rasa cinta kepadanya ,untuk melakukan penyimpangan seperti korupsi rasanya sangat enggan, dan untuk terjadinya konflik seperti perebutan tanah Indonesia, sejengkal tanahpun pasti akan di pertahankan.

Tinggalkan komentar